Selasa, 15 Agustus 2017

Islamic Study: GELOMBANG II JAMAAH HAJI 2017

GELOMBANG II JAMAAH HAJI 2017: FASE PEMBERANGKATAN GELOMBANG II JEMAAH HAJI Oleh : Ajrul Muksinin Berdasarkan Rincian RPH tahun 2017, Fase I Pemberangkatan Gelombang II...

GELOMBANG II JAMAAH HAJI 2017

FASE PEMBERANGKATAN GELOMBANG II JEMAAH HAJI
Oleh : Ajrul Muksinin

Berdasarkan Rincian RPH tahun 2017, Fase I Pemberangkatan Gelombang II tujuan Jeddah (15 hari) mulai tanggal 12 Agustus 2017 sampai dengan 26 Agustus 2017. Bahwa Fase pemberangkatan gelombang kedua ke Tanah Suci sudah dimulai.
Hal ini ditandai mendaratnya jemaah kloter 44 Embarkasi Surabaya (SUB 44) di Bandara King Abdul Azis International Airport (KAAIA) Jeddah. Sebanyak 450 jamaah haji Indonesia asal Malang yang tergabung dalam gelombang II asal Embarkasi Surabaya, pada hari Sabtu (12/8) pukul 07.45 WAS. Dengan disambut Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim Achmad Faridul Ilmi.

Selanjutnya Seremoni digelar untuk menyambut para jamaah haji Indonesia tersebut di terminal kedatangan. Turut hadir Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Direktur Muasassah Wilayah Asia Tenggara Mohammad Amin Hasan Indragiri, Konjen RI Jeddah Mohammad Hery Saripudin, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, Ketua PPIH Ahmad Dumiyathi Bashori, Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat.
Berbeda dengan gelombang satu yang tiba di Madinah, jemaah gelombang kedua akan tiba di Jeddah, lalu diberangkatkan menuju Mekkah. Untuk gelombang II, para jemaah diminta agar sudah membersihkan badan dan mengenakan kain ihram," sesuai fatwa ulama Saudi dan MUI dan surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Agama

Setiba dibandara PPIH akan membantu mempercepat proses adimistrasi dan keimigrasian, untuk kesiapan dokumen para jamaah. Sembari menunggu jamaah dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat, mandi dan mengenakan ihram.

Selanjutnya nanti Petugas akan menunjukan arah menuju titik kumpul kepada jemaah yang baru tiba di Bandara KAAIA Jedda. Khusus lansia petugas sudah menyiapkan kendaraan golf/kursi roda untuk diangkut. nantinya jemaah akan diberangkatkan menuju Hotel menggunakan bus yang telah disiapkan.

Kepala Seksi Kedatangan dan Kepulangan Daker Mekkah Arian Oktavansyah menyebutkan Total ada 4.111 jemaah haji yang masuk dalam 10 kloter tiba di Makkah, sejak Rabu (17/8) malam nanti sampai dini hari WAS. dijadwalkan rombongan pertama yang tiba di Mekkah berasal dari embarkasi Padang (PDG 01). Mereka rencananya akan diberangkatkan dari Madinah pada pukul 16.30 WIB dan diperkirakan akan tiba di Makkah pada pukul 22.30 (WAS).
Seperti yang dilansir oleh. www. Weather.com temperatur suhu di Mekkah Arab Saudi, pada hari Rabu, pukul: 06.00, 16/08/2017. Cuaca Cerah disertai berawan secara berkala. yaitu mencapai 31°C | °F dengan intensitas Curah hujan: 0%, dan kelembaban Kelembaban: 70% serta Angin: 0 km/h, cuaca berawan dan relatif normal untuk para jamaah untuk melaksanakan aktifitas ibadah selanjutnya.

Senin, 14 Agustus 2017

WAHYU TERAKHIR DAN HAJI WADA' RASULULLAH.SAW

Ayat Terakhir & Perpisahan Rasulullah di Masa Haji Wada’
Oleh : Ajrul Muksinin

الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Maidah Ayat 3).

Haji Wada’ (Arab: حجةالوداع‎) atau Haji Perpisahan merupakan haji terakhir bagi Muhammad , nabi umat Islam, yang dilaksanakan pada tahun 10 Hijriyah (632 Masehi). Kaum muslim mematuhi setiap gerakan, tindakan, dan gerak-gerik Nabi Muhammad pada ketika itu, dan setiap perbuatan yang dilakukan olehnya menjadi contoh untuk selama-lamanya bagi muslim di seluruh dunia. Pada hari tersebut merupakan hari yang penting bagi umat Islam, setelah penaklukkan kota mekkah maka umat muslim dapat melaksanakan Ibadah haji dengan tenang.


Mutiara Khutbah Rasulullah dalam Haji Wada’

Salah satu khutbah haji paling masyhur yang disampaikan oleh Rasulullah adalah khutbah beliau di tengah lautan manusia yang tengah berhaji ketika mereka melalui hari-hari Tasyriq.

حَدِيثُ جَرِيرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ لِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ اسْتَنْصِتِ النَّاسَ ثُمَّ قَالَ لَا تَرْجِعُوا بَعْدِي كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ

Diriwayatkan dari Jarir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda kepadaku sewaktu Haji Wada’ supaya menyuruh para manusia agar diam. Setelah orang-orang diam, beliau bersabda: Janganlah kamu kembali menjadi orang-orang kafir sepeninggalku dengan memukul-mukul leher di antara satu sama lain di kalangan kamu (HR Bukhari dan Muslim/ Muttafaq ‘alaih).

حَدِيثُ أَبِي بَكْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِنَّ الزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبٌ شَهْرُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ ثُمَّ قَالَ أَيُّ شَهْرٍ هَذَا قُلْنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ فَسَكَتَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ سَيُسَمِّيهِ بِغَيْرِ اسْمِهِ قَالَ أَلَيْسَ ذَا الْحِجَّةِ قُلْنَا بَلَى قَالَ فَأَيُّ بَلَدٍ هَذَا قُلْنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ فَسَكَتَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ سَيُسَمِّيهِ بِغَيْرِ اسْمِهِ قَالَ أَلَيْسَ الْبَلْدَةَ قُلْنَا بَلَى قَالَ فَأَيُّ يَوْمٍ هَذَا قُلْنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ فَسَكَتَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ سَيُسَمِّيهِ بِغَيْرِ اسْمِهِ قَالَ أَلَيْسَ يَوْمَ النَّحْرِ قُلْنَا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ قَالَ مُحَمَّدٌ وَأَحْسِبُهُ قَالَ وَأَعْرَاضَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا فِي بَلَدِكُمْ هَذَا فِي شَهْرِكُمْ هَذَا وَسَتَلْقَوْنَ رَبَّكُمْ فَيَسْأَلُكُمْ عَنْ أَعْمَالِكُمْ فَلَا تَرْجِعُنَّ بَعْدِي كُفَّارًا أَوْ ضُلَّالًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ أَلَا لِيُبَلِّغِ الشَّاهِدُ الْغَائِبَ فَلَعَلَّ بَعْضَ مَنْ يُبَلِّغُهُ يَكُونُ أَوْعَى لَهُ مِنْ بَعْضِ مَنْ سَمِعَهُ ثُمَّ قَالَ أَلَا هَلْ بَلَّغْتُ

Diriwayatkan dari Abu Bakar As-Shiddiiq radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sesungguhnya beliau telah bersabda: Sesungguhnya zaman itu akan terus berlalu sebagaimana saat Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan. Empat di antaranya ialah bulan-bulan yang haram, tiga di antaranya berturut-turut, yaitu bulan Dzulqa’idah, Dzulhijjah dan Muharram. Bulan Rajab adalah bulan Mudhar (nama satu kabilah) yang terletak antara Jumadilakhir dan Sya’ban. Kemudian beliau bertanya: Bulan apakah ini? Kami menjawab: Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui.

Sejenak beliau hanya diam saja. Sehingga kami menyangka bahawa beliau akan menyebutnya dengan nama lain. Beliau bertanya: Bukankah ia bulan Dzulhijjah? Kami menjawab: Benar. Beliau bertanya lagi: Negeri apakah ini? Kami menjawab: Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui.Sejenak beliau hanya diam saja. Sehingga kami menyangka bahwa beliau akan menyebutnya dengan nama yang lain. Beliau bersabda: Bukankah ia negeri Baldah? Kami menjawab: Benar. Beliau bertanya: Hari apa kah ini?Kami menjawab: Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui.Sejenak beliau diam saja. Sehingga kami menyangka bahwa beliau akan menyebutnya dengan nama lain. Beliau s.a.w bersabda lagi: Tidakkah itu hari an-Nahr (hari raya qurban)?Kami menjawab: Benar, wahai Rasulullah.

Lalu beliau bersabda: Sesungguhnya darahmu, harta bendamu (kata Muhammad, aku menyangka beliau bersabda pula) dan kehormatanmu adalah haram/ dimuliakan-dilindungi atas dirimu, seperti haramnya/ mulianya-dilindunginya harimu yang sekarang ini, di negerimu ini dan di bulanmu ini. Kamu akan bertemu dengan Tuhanmu. Dia akan bertanya kepadamu mengenai semua amalan kamu. Maka selepasku nanti janganlah kamu kembali kepada kekufuran atau kesesatan, di mana kamu akan berkelahi antara satu sama lain. Ingat, hendaklah orang yang hadir pada saat ini mesti menyampaikan kepada orang yang tidak ada pada waktu ini. Boleh jadi sebahagian dari mereka yang mendengar dari mulut orang kedua lebih dapat menjaga daripada orang yang mendengarnya secara langsung. Kemudian beliau bersabda: Ingat, bukankah aku telah menyampaikannya? (HR Bukhari dan Muslim/ muttafaq ‘alaih).

عَنْ أَبِي نَضْرَةَ حَدَّثَنِي مَنْ سَمِعَ خُطْبَةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي وَسَطِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَلَا إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى أَعْجَمِيٍّ وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّوَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ إِلَّا بِالتَّقْوَى أَبَلَّغْتُ قَالُوا بَلَّغَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ قَالَ أَيُّ يَوْمٍ هَذَا قَالُوا يَوْمٌ حَرَامٌ ثُمَّ قَالَ أَيُّ شَهْرٍ هَذَا قَالُوا شَهْرٌ حَرَامٌ قَالَ ثُمَّ قَالَ أَيُّ بَلَدٍ هَذَا قَالُوا بَلَدٌ حَرَامٌ قَالَ فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ بَيْنَكُمْ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ قَالَ وَلَا أَدْرِي قَالَ أَوْ أَعْرَاضَكُمْ أَمْ لَا كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا فِي شَهْرِكُمْ هَذَا فِي بَلَدِكُمْ هَذَا أَبَلَّغْتُ قَالُوا بَلَّغَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِيُبَلِّغْ الشَّاهِدُ الْغَائِبَ (رواه أحمد تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح )

Diriwayatkan dari Abi Nadhrah, telah menceritakan kepadaku orang yang mendengar khutbah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di tengah hari-hari tasyriq (yaitu khutbah wada’), maka beliau bersabda: Wahai para manusia, ingatlah sesungguhnya Tuhan kalian itu satu, dan bapak kalian itu satu. Ingatlah, tidak ada keutamaan bagi orang Arab atas orang ajam/ asing, dan tidak bagi orang ajam atas orang Arab, tidak bagi orang kulit merah atas kulit hitam, dan tidak bagi orang kulit hitam atas kulit merah kecuali dengan taqwa. Apakah sudah aku sampaikan?
Mereka menjawab, Rasulullah — shallallahu ‘alaihi wa sallam—telah sampaikan. Kemudian beliau berkata, hari apa ini? Mereka menjawab, hari haram / mulia. Kemudian beliau berkata, bulan apa ini? Mereka menjawab, bulan haram/ mulia. Kemudian dia berkata, negeri apa ini? Mereka menjawab, negeri haram/ mulia.

Beliau bersabda, maka sesungguhnya Allah sungguh telah mengharamkan di antara kamu sekalian darah-darah kamu sekalian dan harta-harta kamu sekalian – periwayat berkata, dan aku tidak tahu beliau berkata atau kehormatan-kehormatan kamu sekalian atau tidak— seperti haramnya (mulianya) hari kalian ini dalam bulan kalian ini dalam negeri kalian ini. Apakah telah aku sampaikan?
Mereka menjawab, telah Rasulullah — shallallahu ‘alaihi wa sallam—sampaikan.
Beliau bersabda, hendaknya orang yang menyaksikan menyampaikan kepada orang yang tidak hadir. (HR Ahmad, komentar Syu’aib Al-Arnauth sanadnya shahih).


Apabila Abu Bakar. ra. Mendengar keterangan Rasulullah. SAW tersebut, maka ia tidak dapat menahan kesedihannya maka ia pun kembali ke rumah lalu mengunci pintu dan menangis. Abu Bakar. ra. Tidak henti-hentinya menangis, kisah tentang Abu Bakar.ra. yang menangis telah sampai kepada para sahabat yang lain, maka berkumpulah para sahabat didepan rumah abu bakar. ra. Dan mereka menanyakan apa gerangan yang telah membuatnya menanggis.

Wahai Abu Bakar, Sepatutnya kamu merasa gembira sebab agama kita telah Sempurna”, mendengar pertanyaan dari para sahabat maka Abu Bakar. ra. Pun berkata: “Wahai para sahabatku, kamu sekalian tidak tahu apabila perkara tersebut telah disempurnakan maka selesai sudah tugas Rasulullah dan ia akan pergi meninggalkan umat ini, dengan turunnya ayat tersebut bahwa Rasulullah. SAW menunjukkan perpisahannya terhadap kita. Maka para sahabatpun semuanya pun menangis.

Itulah sekelumit kisah yang ada pada masa Haji wada’ Rasulullah. Banyak pelajaran serta hikmah yang dapat diambil dari pesan-pesan beliau terhadap umat muslim. Sebagai mukmin yang sejati maka kisah tersebut dapat kita temukan di Al-Hadist. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah keimanan kita terhadap Allah. Swt dan Rasul-Nya. Amin.

Sumber:
1. Wikipedia ensiklopedia bebas
2. Al-Quran WordIn
3. Al- Hadits Bulughul Maram © 1431 H/2010 M : Dani Hidayat - rabbany1981@gmail.com

Kamis, 10 Agustus 2017

Informasi Haji 2017



Kesiapan dan keseriusan pemerintah serta pihak swasta dalam masa pemberangkatan haji tahun ini telah melalui tahapan yang pertama, bahwa hari ini merupakan akhir dari pemberangkatan kloter pertama dari tanah air menuju Madinah. Dari beberapa embarkasi yang ada di Indonesia: Jakarta, Medan, Surabaya, Solo, ujung pandang dan bekasi.

Sementara itu jamaah haji akan diangkut oleh Dua maskapai penerbangan ternama di dunia, yang telah disiapkan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yaitu Garuda Indonesia (GIA) dan Saudi Airlines (SV) yang akan menerbangkan jemaah haji tahun ini. Seperti tahun sebelumnya, pengangkutan calon jemaah haji ke Arab Saudi dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan pulang melalui Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAIA) Jeddah.

dirilis dari www.weather.com bahwa Tempetatur Suhu di Madinah Arab Saudi saat ini, hari ini Kamis pukul 08.00. WAS. Sebagian Besar Cerah dengan tingkat suhu 37 °C | °F , Curah hujan: 0% Kelembaban: 6%, Angin: 0 km/h. Dengan cuaca relatif normal.

Berdasarkan data yang dihimpun tentang masa pemberangkatan dan kedatangan jemaah haji gelombang satu ke Madinah. Bahwa tanggal 11 Agustus 2017 adalah masa akhir pemberangkatan gelombang pertama menuju madinah, Fase I Pemberangkatan yakni 30 hari: Gelombang I tujuan Madinah (15 hari) mulai tanggal 28 Juli 2017 sampai dengan 11 Agustus 2017. Sumber : Rincian RPH tahun 2017

Sepanjang hari Selasa kemarin data yang dihimpun dari website resmi haji.kemenag.go.id pada (08/08/2017) telah diterima sebanyak 6.427 jemaah haji yang tergabung di dalam 16 kloter. Selanjutnya dari total kedatangan jemaah haji di Arab Saudi melalui Madinah sebanyak 82.530 orang. Data tersebut diambil kemarin, Rabu (09/08/2017) pukul 08.41 WAS.
Sumber : Seksi Siskohat dan Pelayanan Kedatangan/Pemulangan Jamaah Haji

Sementara itu, sampai dengan kemarin Selasa (08/08/2017) malam, jumlah jemaah yang telah diberangkatkan dari Madinah ke Makkah saat ini telah mencapai 18.761 orang yang diangkut menggunakan 432 bus. Jumlah jemaah tersebut berasal dari 46 kloter dari berbagai embarkasi di Indonesia. Selama di Makkah jemaah akan menjalani berbagai ritual ibadah dari umrah wajib hingga puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Setelah prosesi haji jemaah gelombang pertama akan dipulangkan ke tanah air melalui bandara King Abdul Aziz Jeddah.
Sumber : https://haji.kemenag.go.id/v3/content/12-hari-kerja-ppih-terima-82530-jemaah.

Jurnalis : اجر المحسنين /(Ajrul Muhsinin)

Minggu, 22 Januari 2017

PILGUB DKI 2017, Update Beritanya, Klik sites dibawah


Pilgub DKI 2017 Berita Update

CEDIKIAWAN MUSLIM ABAD INI
Oleh: Ajrul Muhsinin M. Kom. I



Kualitas Manusia Indonesia
Salah satu janji kemerdekaan adalah janji kesejahteraan. Titik berangkat kesejahteraan bukan seperti dalam perspektif lama yakni Sumber Daya Alam (SDA), titik berangkatnya adalah kesadaran bahwa garda terdepan untuk meraih kemenangan adalah kualitas manusia. istilah kualitas manusia bukan kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut dikarenakan karena manusia Indonesia tidak boleh dipandang semata-mata sebagai sumber daya. Kualitas manusia ini hanya bias diraih lewat pendidikan yang berkualitas. Pendidikan berkualitas itu sebab utamanya bukan karena gedung, buku, kurikulum atau bahasa yang berkualitas. Untuk mendorong hal tersebut perlunya sebuah kepemimpinan dan yang dibutuhkan adalah kepemimpinan yang menggerakkan manusia Indonesia. Kepemimpinan yang menginspirasi, bukan mendikte. Kepemimpinan yang bersifat patron-client  tidak lagi cocok untuk kondisi Indonesia saat ini. Yang lebih cocok adalah kepemimpinan yang mampu membuat orang bergerak, turun tangan dan berkontribusi untuk menyelesaikan masalah.[ Kesederhanaan, Keteladanan Yang Menggerakkan. Majalah Tempo, 18 Agustus 2013. Hal. 110. Anies Baswedan.]

Rektor Termuda Di Indonesia
Pada 15 Mei 2007, Anies Baswedan dilantik menjadi rector Universitas Paramadina. Anies menjadi rektor menggantikan posisi yang dulu ditempati oleh cendekiawan dan Intelektual Muslim, Nurcholish Madjid, yang juga merupakan pendiri universitas tersebut. Saat itu ia baru berusia 38 tahun dan menjadi rector termuda di Indonesia. Majalah Foreign Policy memasukan Anies dalam daftar 100 Intelektual Publik Dunia. 
Pada 2008, Ia merintis Program Beasiswa di Universitas Paramadina bernama Paramadina Fellowship. Program ini mengadopsi konsep yang biasa digunakan di universitas-universitas di Amerika Utara dan Eropa dengan menyematkan nama sponsor sebagai predikat penerima beasiswa. Jika mahasiswa A mendapat beasiswa dari institusi B, yang memang menjadi salah satu sponsor, di belakang nama mahasiswa dicantumkan nama sponsor, menjadi A, Paramadina, Institusi B Fellow.

Kelas Inspirasi

Anies Baswedan saat Kelas Inspirasi Jakarta 2012

Kelas Inspirasi mengundang para profesional yang sukses karena pendidikan untuk turun tangan berbagi cerita dan pengalaman kerja selama satu hari di hari yang disebut dengan HariInspirasi.Tujuan Kelas Inspirasi ada dua yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.
Dengan Kelas Inspirasi diharapkan terjalin relasi yang dapat terus menerus sekolah dan kelas menengah pelihara. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antara professional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD negeri sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus menerus. Sehingga dengan itu diharapkan mampu mendorong kalangan professional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.
Menteri Pendidikan Republik Indonesia
Kemudian setelah Jokowi – Jusuf Kalla ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia tahun 2014, Jokowi kemudian menunjuk Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ketika memimpin kementrian pendidikan, Anies Baswe dan kemudian merombak organisasi di lingkup kementrian pendidikan seperti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dipisahkan, dan digabung dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Selain itu ia juga melakukan Pembenahan pada seleksi terbuka kemendikbud kemudian melakukan distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP), membuat program sekolah aman serta mengimbau para orang tua mengantar anaknya sekolah pada tahun ajaran baru. Anies juga menerapkan kurikulum pendidikan terbaru serta menyebarkan guru berkualitas di agar merata di semua wilayah serta melakukan hingga reformasi ujian nasional.
Banyak prestasi yang dibuat oleh Anies Baswedan ketika menjabat sebagai Menteri Pendidikan di era pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla, Anies Baswedan menjabat sebagai menteri pendidikan dari tahun 2014 hingga pertengahan tahun 2016. Setelah itu ia kemudian digantikan oleh Muhadjir Effendy. Setelah tidak menjabat sebagai menteri pendidikan, Anies Baswedan kemudian diusung oleh partai Gerindra untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta.
Anies Baswedan menikah dengan Fery Farhati Ganis, S.Psi., M.Sc. dan dikaruniai empat anak: Mutiara Annisa (sulung), Mikail Azizi (kedua), Kaisar Hakam (ketiga), dan Ismail Hakim (bungsu). Kediaman Anis Baswedan bertempat tinggal di daerah Lebak Bulus di Jakarta.

Anies Baswedan untuk Mahasiswa dan Pemuda
Sewaktu menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menekankan kepada para pemuda dan generasi bangsa untuk selalu mempersiapkan diriguna bersaing dengan negara-negara lain, apalagi saat ini sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
Anies menekankan pada Mahasiswa Islam (HMI) agar benar-benar mengambil peran untuk menanamkan kesadarannya secara luas dalam mendorong pendidikan yang berintegritas sesuai tantangan jamannya.
Dalam sambutannya, Anies mempertanyakan posisi HMI sekarang terhadap tantangan generasi muda meneruskan perjuangan umat Islam di Indonesia yang sesuai dengan zamannya. Menurutnya, pearan mahasiswa dan pemuda harus memahami tantangan pergerakan Islam sebagaimana Indonesia memiliki jumlah populasi agama Islam yang terbesar di dunia.
“Kita harus membuat dunia takut kepada Indonesia, bukan Indonesia takut pada dunia. Saya pikir bentangan dari Maroko sampai Maluku berupa bentangan umat Islam dalam berperan di era globalisasi.Yang terpenting kunci penguasaan IPTEK dan keseriuasan dalam pendidikan,” tuturnya.
Mantan Rektor Universitas Paramadina ini juga menekankan kepada seluruh pemuda dan mahasiswa agar selalu percaya diri. “Kita harus menjadi bangsa percaya diri maka umat Islam harus percaya diri. Demokrasi Indonesia contoh demokrasi yang dewasa dan dunia melihat dengan kagum. Pendidikan dan keteladanan jadi kunci. Indonesia untuk lebih baik lagi.
100 Intelektual Publik Dunia
Pada 2008 Majalah Foreign Policy memasukkan Anies Baswedan dalam 100 Intelektual Publik Dunia. Anies merupakan satu-satunya orang Indonesia yang masuk pada daftar hasil rilis majalah tersebut. Dalam daftar itu nama Anies sejajar dengan tokoh dunia seperti Noam Chomsky (tokoh perdamaian), para penerima nobel seperti Shirin Ebadi, Al Gore, Muhammad Yunus, dan Amartya Sen.


Young Global Leaders
Jiwa kepemimpinan Anies Baswedan juga membuahkan hasil dengan hadirnya nama Anies dalam salah satu Young Global Leaders padaFebruari 2009 yang diberikan oleh World Economic Forum.
20 Tokoh Pembawa Perubahan Dunia
Dua tahun berselang setelah mendapat penghargaan 100 Intelektual Publik Dunia, pada April 2010, Anies Baswedan terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang versi majalah Foresight yang terbit di Jepang. Dalam edisi khusus “20 orang 20 tahun”, Majalah ini menampilkan 20 tokoh yang diperkirakan akan menjadi perhatiandunia. Mereka akan berperan dalam perubahan dunia dua decade mendatang. Menurut majalah itu Anies Baswedan dinilai sebagai salah satu tokoh calon pemimpin Indonesia masa mendatang. Nama Anies berdampingan dengan Vladimir Putin (Perdana Menteri Rusia), Hugo Chavez (Mantan Presiden Venezuela), David Miliband (Menteri Luar Negeri Inggris), Rahul Gandi (Sekjen Indian National Congress India), serta Paul Ryan (politisi muda Partai Republik dan anggota House of Representative AS).[Suwarto, Sogol Hadi. 2013. Most Inspiring People. Yogyakarta: Narasi. Hal. 115.]

Penghargaan
1.2013| The Golden Award (Gerakan Indonesia Mengajar).
2.2013| Anugerah Integritas Nasional dan Komunitas Pengusaha Anti Suap, serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.
3.2013| Penghargaan Dompet Dhuafa Award 2013
4.2013|Penghargaan Tokoh Inspiratif (Anugerah Hari Sastra Indonesia) Internasional.
5.2004| Gerald Maryanov Award (Departemen Ilmu Politik Nothem lilinois).
6.2008|100 Intelektual Publik Dunia (Majalah Foreign Policy).
7.2009|Young Global Leaders (World Economic Forum)
8.2010| 20 Tokoh Pembawa Perubahan Dunia (Majalah Foresight Jepang)
9.2010|PASIAD Education Award-The Association of Social And Economic Science with Pacific Countries (PASIAD)
10.2010|Nakasone Yasuhiro Award (Mantan Perdana Menteriu Jepang Yashuhiro, Nakasone
11.2010|500 Muslim berpengaryh di Dunia (The Royal Islamic Strategic Studies Center, Jordania).

Indonesia butuh Pemimpin Cerdas Leader Of Century

Indonesia butuh Pemimpin Cerdas
Leader Of Century
Oleh : Ajrul Muhsinin



Sosok Intelektual Muslim yang satu ini patut diperbincangkan dan diperhitungkan, dengan beberapa penghargaan yang diraihnya, menjadikan ia masuk dalam jajaran Man Of the Century Abad ini. Apresiasi banyak diberikan baik dari kalangan para akademisi, aktifis, bidang pemerintahan dan masyarakat untuk sosok yang kredibel dan cerdas ini.
Sifat Fathonah dan amanah yang dimilikinya menjadikannya seorang yang dipercaya, sehingga beliau banyak diamanahkan pada posisi penting di Negara ini untuk menjalankan baik di Roda Pemerintahan dan Dunia Pendidikan, dengan ide-ide cemerlang melalui sistem organisasi yang baik dan terstruktur. sebagai seorang penulis tidak salahnya bila saya mengatakan sosok Mas Anies adalah sosok yang mampu bekerja dengan Hati dan fikiran. Sosok yang juga taat terhadap Agama ini memiliki nilai yang tinggi dalam hal kebangsaan dan keberagaman menjadikan dirinya sosok yang mampu memadukan Iman, Ilmu dan Amal.




Patut sebagian dari kita harus menjadikannya sebagai seorang pemimpin dikarenakan ia adalah sosok pemimpin yang mencintai ilmu pengetahuan. seorang ulama klasik timur tengah pun memberikan prasyarat untuk menjadikan seorang pemimpin adalah sosok yang mencintai Ilmu Pengetahuan. sebagai seorang penulis saya rasa mas Anies sudah memiliki itu.
Anies Rasyid Baswedan, lahir dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah pada 7 mei 1969, di Kuningan Jawa barat. Anies menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan ekonomi, di UGM, yogyakarta pada tahun 1995. kemudian tahun 1997 Anies melanjutkan S2 bidang International Security and Economic Policy di University of Maryland, College Park, Amerika Serikat. minat Anies pada dunia pendidikan dibuktikan dengan melanjutkan S3 di Departement Of Political Science, Northern Lilios University, Amerika Serikat tahun 1999 maka soal keilmuan mas Anies tidak perlu diragukan lagi.
Dibalik sosok yang sederhana dan kharismatik ia juga seorang muslim yang mencintai kaum yang lemah mustadhaffin kecintaanya pada orang-orang yang lemah menjadikannya sebagai sosok yang dermawan dan pengasih maka tidak heran bila ia semakin popular dikalangan tokoh masyarakat, pemuda, mahasiswa dan ibu-ibu.
tepat bila warga DKI Jakarta memilihnya sebagai sosok Pemimpin masa depan untuk menjadikan Jakarta lebih baik kedepan, ia adalah Man Of Century Abad ini Pemimpin cerdas yg akan membawa Jakarta lebih baik, baik disektor pendidikan, kesejahteraan masyarakat, ekonomi, dan kewirausahaan dsb. Salam bersama. Pendopo 2 Batu Ceper IV/Aswaja Society.

Minggu, 15 Mei 2016

Filsafat Dakwah

MAKALAH FILSAFAT DAKWAH
”HAKIKAT MEDIA DALAM DAKWAH”








Dosen Pengampuh: Pajrun Kamil. M. Sos. I

DISUSUN OLEH: KELOMPOK VI
1.      AJRUL MUHSININ                                      
2.      WILLYS RAHMANITA
3.      M. DAILAMI LUTHPI
4.      ROMA APRIANSYAH         


JURUSAN DAKWAH
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM (KPI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) CURUP
2013




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam mengahadapi era globalisasi informasi dan perkembangan teknologi akhir-akhir ini, dunia dihadapkan kepada cepatnya perkembangan arus informasi. Pemanfaatan alat-alat teknologi sebagai media penyampai informasi kepada halayak, sepertinya tidak dapat dibendung. Tetapi sebaliknya, keberadaan teknologi canggih di era globalisasi informasi dan komunikasi ini harus dimanfaatkan untuk penyebaran informasi dan pesan-pesan dakwah Islam.
Aktivitas dakwah Islam saat ini tidak cukup dengan media tradisional, seperti melalui ceramah dan pengajian yang masih menggunakan media komunikasi oral atau komunikasi tutur. Penggunaan media-media komunikasi modern sesuai dengan taraf perkembangan daya pikir manusia harus dimanfaatkan sedemikian rupa, agar dakwah Islam lebih mengena sasaran dan tidak out of date.
Peranan media dalam keberhasilan dakwah sangat signifikan, karena media berfungsi sebagai sarana, alat atau peraantara dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah. Berhasil atau tidaknya pesan-pesan dakwah yang diterima oleh mad’u (Jama’ah) tentunya ditentukan oleh media yang digunakan. Pemilihan dan penggunaan media dalam berdakwah adalah bagian yang penting yang harus diketahui oleh juru dakwah. Oleh karena itu, para juru dakwah harus mampu menguasai berbagai media dari yang konvensional sampai dengan media modern.[1]
Media Cetak, Elektronik, Informasi, Sosial dewasa ini sangat menjamur seperti Majalah, Surat Kabar, Buletin, Televisi, Radio dan Internet. Hal ini merupakan wujud nyata dari sebuah era Informasi dan keterbukaan. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika para Pendakwah(Da’i)/Mubaligh mampu memanfaatkan media-media catak yang ada itu sebagai sarana untuk berdakwah. Para mubaligh hendaknya segera mempersiapkan diri menjadi penulis-penulis handal sehingga mampu bersaing dalam Amar Ma’ruf Nahi Munkar dibidang media . mengingat Media saat ini banyak sekali peminatnya. Dunia pers yang memiliki fungsi marak. Pada dasarnya pers adalah pisau yang bermata dua, ia dapat menjadi alat dakwah yang efektif. Media informasi, cetak maupun elektronik yang berkembang saat inilah problem dasar bagi para pelaku dakwah. Masalahnya, siapkah para juru dakwah mengisi media-media ini untuk membawa misi  perdamaian dan penyelamatan bagi umat manusia. Atau hanya membiarkan masyarakat dijejali pesan-pesan dan propaganda yang menyeret umat manusia pada kejahilan, kesesatan dan akan menjadi penyesalan yang berkepanjangan.

B.     Rumusan Masalah
a.       Pengertian Media dan Dakwah
b.      Fungsi dan peranan Media dalam dakwah
c.       Hakekat Media Dalam Dakwah

C.    Maksud Dan Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah untuk menambah khazanah keilmuan kita terhadap Dakwah dengan mengkolaborasikannya dengan media yang berkembang saat ini. Kita harus jeli dalam melihat fungsi media yang akhir-akhir ini banyak beredar di masyarakat. Dan kembali kepada hakikat media yang sebenarnya yakni membumikan dan mensyiarkan Islam secara luas dan menyeluruh.



















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Media Dakwah
Kata media berasal dari bahasa Latin, median, yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara etimologi yang berarti alat perantara. Wilbur Schramn mendefinisikan media sebagai teknologi informasi yang dapat digunakan dalam pengajaran. Secara lebih spesifik, yang dimaksud dengan media adalah alat-alat fisik yang menjelaskan isi pesan atau pengajaran, seperti buku, film, video kaset, slide, dan sebagainya[2]
Menurut Wardi Bachtiar media Dakwah adalah peralatan yang digunakan untuk menyampaikan materi dakwah, seperti Televisi, radio, kaset rekaman, majalah, surat kabar dan lain sebagainya. Dari definisi ini tampaknya Wardi Bachtiar cenderung mendefinisikan media sebagai alat atau benda fisik yang digunakan sebagai sarana alat komunikasi antara juru dakwah dengan jama’ah yang sangat menentukan dalam keberhasilan dakwah, yang jelas dari banyak pendapat media, mereka sepakat bahwa peranan media dalam mencapai keberhasilan dakwah sangat penting.[3]
Adapun yang dimaksud dengan media (wasilah) dakwah yaitu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah (ajaran Islam) kepada mad’u[4] Dengan banyaknya media yang ada, maka da’i harus memilih media yang paing efektif untuk mencapai tujuan dakwah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada waktu memilih media adalah sebagai berikut:
1.     Tidak ada satu media pun yang paling baik untuk keseluruhan masalah atau tujuan dakwah. Sebab setiap media memiliki karakteristik (kelebihan, kekurangan, keserasian) yang berbeda-beda.
2.      Media yang dipilih sesuai dengan tujuan dakwah yang hendak dicapai.
3.      Media yang dipilih sesuai dengan kemampuan sasaran dakwahnya.
4.      Media yang dipilih sesuai dengan materi dakwahnya.
5.      Pemilihan media hendaknya dilakukan dengan cara objektif, artinya pemilihan media bukan atas dasar kesukaan da’i.
6.      Kesempatan dan ketersediaan media perlu mendapat perhatian.
7.      Efektifitas dan efesiensi harus diperhatikan.
Pengertian Dan Definisi Dakwah
1.      Arti Dakwah Menurut Bahasa (etimologi)
 Ditinjau dari segi etimologi atau asal kata ( bahasa), dakwah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti "panggilan, ajakan atau seruan"
2.      Arti Dakwah Menurut istilah (semantik)
   Dakwah menurut arti istilahnya mengandung beberapa arti yang beraneka ragam. Banyak Ahli Ilmu Dakwah dalam memberikan pengertian atau definisi terhadap istilah dakwah terdapat beraneka ragam pendapat. Hal ini tergantung pada sudut pandang mereka didalam memberikan pengertian kepada istilah tersebut. Sehingga antara definisi menurut ahli yang satu dengan lainnya senantiasa terdapat perbedaan dan kesamaan. Untuk lebih jelasnya di bawah akan disajikan beberapa definisi dakwah.
    Menurut Drs.Hamzah Yaqup dalam bukunya" Publisistik Islam memberikan pengertian dakwah dalam islam ialah "Mengajak umat manusia dengan hikmah kebijaksanaan untuk mengikuti petunjuk  Allah dan RasulNya". (47: 9)
   Dalam Al Quran surat An-Nahl ayat 125 disebutkan bahwa dakwah adalah mengajak umat manusia kejalan Allah dengan cara yang bijaksana, nasihat yang baik serta berdebat dengan cara yang baik pula[5].
äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7­/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/ ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ    
Artinya : “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[6] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”.

B.     Fungsi dan peranan Media Dalam Dakwah
Dalam konteks dakwah media bias multi fungsi, sebagai alat bantu. Media berfungsi untuk mencapai tujuan dakwah dari juru dakwah kepada mad’u (Jama’ah). Sebagai sarana media berfungsi sebagai mediator antara juru dakwah kepada sasaran dakwabh. Sebagai perantara, media berfungsi sebagai petunjuk yang dilalui juru dakwah untuk mencapai jama’ah. Yang jelas apapun pengertian dan fungsi media. Yang pasti pengetahuan dan penguasaan tentang media sangat penting dimiliki dan diketahui oleh juru dakwah.

C.    Hakikat Media Dalam Dakwah
Pada dasarnya, dakwah dapat menggunakan berbagai media yang dapat merangsang indra-indra manusia serta dapat menimbulkan perhatian untuk dapat menerima dakwah. Berdasarkan banyaknya komunikan yang menjadi sasaran dakwah, diklasifikasikan menjadi dua, yaitu media massa dan media nonmassa[7]
1.      Media Massa
Media massa digunakan dalam komunikasi apabila komunikan berjumlah banyak dan bertempat tinggal jauh. Media massa yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari umumnya surat kabar, radio, televisi, dan film bioskop yang beroperasi dalam bidang informasi dakwah.
Keuntungan dakwah dengan menggunakan media massa adalah bahwa media massa menimbulkan keserempakan, artinya suatu pesan dapat diterima oleh komunikan yang jumlahnya relatif amat banyak. Jadi untuk menyebarkan informasi media masa sangat efektif dalam mengubah sikap, perilaku, pendapat komunikan dalam jumlah yang banyak.

2.      Media Nonmassa
Media ini biasanya digunakan dalam komunikasi untuk orang tertentu atau kelompok-kelompok tertentu seperti surat, telepon, SMS, telegram, faks, papan pengumuman, CD, e-mail, dan lain-lain. Semua itu dikategorikan karena tidak mengandung nilai keserempakan dan komunikannya tidak bersifat massal[8]
Disadari atau tidak, media dalam penggunaan komunikasi terutama media massa telah meningkatkan intensitas, kecepatan dan jangkauan komunikasi yang dilakukan manusia dalam berbagai hal. Termasuk dalam hal ini tak ketinggalan adalah dalam komunikasi dakwah massa. Media yang terbaik untuk mempopulerkan, mengajarkan, memantapkan, atau mengingatkan sesuatu dalam dakwah, secara terperinci, Hamzah Ya’qub membagi media dakwah itu menjadi lima:
a.       Lisan, inilah media dakwah yang paling sederhana yang menggunakan lidah dan suara. Media ini dapat berbentuk pidato, ceramah, kuliah, bimbingan, penyuluhan, dan sebagainya.
b.      Tulisan, buku majalah, surat kabar, korespondensi (surat, e-mail, sms), spanduk dan lain-lain.
c.       Lukisan, gambar, karikatur, dan sebagainya.
d.      Audio visual, yaitu alat dakwah yang dapat merangsang indera pendengaran atau penglihatan dan kedua-duanya. Bisa berbentuk televisi, slide, ohap, internet, dan sebagainya.
e.       Akhlak, yaitu perbuatan-perbuatan nyata yang mencerminkan ajaran Islam yang dapat dinikmati dan didengarkan oleh mad’u[9]

Sedangkan jika dilihat dari segi penyampaian pesan dakwah, dibagi menjadi tiga golongan yaitu:
1.      The spoken words (berbentuk ucapan)
Yang termasuk dalam kategori ini adalah alat yang mengeluarkan bunyi. Karena hanya dapat ditampak oleh telinga dan biasa disebut dengan the audial media da dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti telepon, radio dan lain-lain[10]
2.      The printed writing (yang berbentuk tulisan)
Yang termasuk didalamnya adalah barang-barang tercetak, gambar-gambar tercetak, lukisan-lukisan, buku, surat kabar, majalah, brosure, pamphlet, dan sebagainya[11]
3.      The audio visual (berbentuk gambar hidup)
Yaitu merupakan penggabungan dari kedua golongan diatas, yang termasuk dalam kategori ini adalah film, video, DVD, CD, dan sebagainya[12]


Disamping penggolongan wasilah diatas, wasilah dakwah dari segi sifatnya juga dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu:
1.      Media tradisional, yaitu berbagai macam seni pertunjukan yang secara tradisonal dipentaskan didepan umum terutama sebagai sarana hiburan yang memiliki sifat komunikatif, seperti ludruk, wayang, drama, lenong dan sebagainya.
2.      Media modern, yang diistilahkan juga dengan “media elektronika” yaitu media yang dilahirkan dari teknologi. Yang termasuk media modern ini antara lain televise, radio, pers dan sebagainya[13]
















BAB III
PENUTUP
Media (wasilah) dakwah adalah alat yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah (ajaran Islam) kepada mad’u. Dengan banyaknya media yang ada, maka seorang da’i harus memilih media yang paing efektif untuk mencapai tujuan dakwah. Bentuk-bentuk media dakwah terbagi menjadi dua, yaitu media massa dan media nonmassa. Jika dilihat dari segi penyampaian pesan dakwah maka media itu terbagi kedalam tiga golongan, yakni yang berbentuk ucapan, tulisan, dan yang berbentuk gambar hidup. Sedangkan bila dilihat dari segi sifatnya, maka wasilah dakwah itu dibedakan menjadi wasilah tradisional dan wasilah modern. Disamping itu juga terdapat beberapa benda yang secara umum digunakan sebagai media dakwah. Pertama, yaitu media visual misalnya film slide, OHP, dan gambar (foto). Kedua, yaitu media audio seperti radio dan tape recorder. Ketiga, yakni media audio visual misalnya televise, internet, dan film. Dan yang terakhir yaitu media cetak seperti halnya surat kabar, buku dan majalah.
Dakwah dapat dilaksanakan dengan berbagai metode seperti, ceramah,diskusi, tanya jawab, dan sebagainya. Oleh karena itu dalam berdakwah walaupun sudah menggunakan media modern namun tidak menghilangkan media tradisional yang masih digunakan dengan baik, sehingga dalam berdakwah penggunaan media tersebut dapat disesuaikan dengan keadaan masyarakat setempat. Karena keadaan lingkungan masing- masing masyarakat tidak selalu sama, maka materinya juga harus bervariasi menyesuaikan keadaan dimana juru dakwah harus mencari masalah – masalah yang dihadapi dan sekaligus memikirkan pemecahannya yang nantinya menjadi bahan pembicaraan dalam berdakwah.







DAFTAR PUSTAKA
Abdul Rahman, Metode Dakwah, Cet. I, LP2M STAIN Curup, 2010. Curup.
Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Aziz, Moh. Ali. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media.
Dr. H. Salmadanis. MA, Filsafat Dakwah. Cet. II, Pen. SURAU, 2003, Jakarta.




[1] Dr. Wardi Bachtiar, Methodelogi Penelitian Ilmu Dakwah, logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997. Hlm. 35
[2] Samsul Munir Amin, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2009), hal. 113.
[3] Drs. Mahfudh Shaludin dkk. Methodelogi Pendidikan Agama, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 1984. Hlm. 144.
[4] Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Prenada Media, 2004), hal. 120.
[5] Asmuni Syukur, Dasar-Dasar  Strategi  Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas,1983, hlm.17-19
[6] Hikmah: ialah Perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.
[7] Wahyu Ilaihi, Komunikasi Dakwah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), hal. 105.
[8] Ibid.Hlm. 106.
[9] Moh. Ali Aziz, Ilmu…, hal. 120
[10] Ibid. Hlm. 121
[11] Wahyu Ilaihi, Komunikasi…, hal. 107.
[12] Ibid,.
[13] Ibid,.